Tips Belajar Membaca Arab Gundul Kitab Kuning dengan Ilmu Nahwu Shorof

Membaca arab gundul dengan ilmu nahwu sharaf - Membaca tulisan arab dengan disertai harakat nya mungkin bukanlah sebuah masalah, tetapi bagaimana jika tidak memiliki atau tidak ada harakat nya? Tentu itu adalah sebuah masalah yang amat besar, karena perlu anda ketahui bahwa didalam bahasa arab, jika ada atau salah sedikit saja, maka akan merubah makna dari tulisan arab tersebut yang nantinya mungkin akan berakibat fatal.


Arab Gundul
Sumber: Republika
Ilmu nahwu dan ilmu sharaf adalah sebuah "alat" untuk bisa membaca tulisan arab gundul alias tulisan arab yang tidak memiliki harakat, ibarat jika kita ingin menulis surat, maka alatnya adalah pensil, jika kita ingin memotong maka alatnya adalah pisau, begitu pun dengan membaca tulisan arab gundul, alatnya yaitu dengan ilmu nahwu dan ilmu sharaf, maka janganlah heran jika saja ada orang lain yang menyebut ilmu nahwu dan ilmu sharaf adalah ilmu alat.

Bahkan ada yang menisbatkan bahwa "ilmu nahwu adalah ayah dari semua ilmu dan ilmu sharaf adalah ibunya", semua itu tentunya tidaklah tanpa alasan, bagaimana tidak, dari sekian banyak kitab yang dikarang oleh para ulama zaman dahulu baik itu kitab yang membahas ilmu fiqih, ilmu tajwid, ilmu tauhid, ilmu tasawuf, bahkan ilmu perbintangan ataupun ilmu kedokteran dan masih banyak lagi pan ilmu lainnya, tentu semuanya menggunakan bahasa arab, yang mana untuk bisa membaca bahasa arab yang baik dan benar tentu di haruskanlah memahami ilmu nahwu dan ilmu sharaf.

Lanjutkan membaca? Klik disini!

Kesimpulan

Tiga paragraf diatas adalah diambil dari salah satu artikel perdana di blog baru saya "Arab Botak" yang mana di blog tersebut akan saya bahas ilmu nahwu dan ilmu sharaf yang notabennya adalah sebuah "alat" untuk bisa membaca tulisan arab gundul yang tidak memiliki harakat, baik itu diambil dari kitab Jurumiyah, Kailani atapun kitab Al-fiyyah.

Untuk itu, saya beritahukan (emangnya pengumuman sayembara?  :D) kepada para hadirin dan juga setiap orang apalagi setiap santri yang ingin memperdalam pengetahuan ilmu nahwu, khususnya kitab Jurumiyah dan kitab Al-fiyyah, karena saya akan menyajikan setiap dalil masalah dengan nadhom Al-fiyyah ibnu malik dan juga dari kitab Jurumiyah untuk kelas pemula nya, untuk pergi mengunjungi blog baru saya itu, apalagi blognya masih baru, jadi mungkin akan lebih baik jika anda mengikutinya dari awal.

Di blog "Arab Botak" saya akan membagi kategori untuk yang masih "pemula" juga untuk yang sudah memasuki "kelas berat", jadi anda nantinya tidaklah perlu bingung. Saya juga akan membuat sebuah laman untuk "tanya jawab", jadi jika anda memiliki sebuah pertanyaan khusus yang pada istilah para blogger "OOT (Out of Topic)" anda bisa Menanyakannya disana ataupun di laman kontak.

Mungkin hanya sampai disini saja, karena saya menulis artikel ini hanya bermaksud untuk "mempromosikan" blog baru saya itu yakni blog "Arab Botak", maaf jika anda merasa tidak puas, terima kasih.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Tips Belajar Membaca Arab Gundul Kitab Kuning dengan Ilmu Nahwu Shorof"

Terimakasih untuk tidak berkomentar SARA dan tidak mengucapkan kata-kata kasar.