Tips Desain Template Blog Sendiri Ala Blognya Bang Santri

 Desain Template

Template, sebenarnya saya juga kurang mengerti apa definisi dari template sendiri? :D Yang jelas atau secara simple nya "template adalah tampilan" mungkin begitu definisi secara asal-asalannya, bisa juga "template adalah model", yah sudah lah lebih jelas nya tanya saja ke mbah gugel ya! Yang jelas template pada blog adalah sebuah file yang berisi kumpulan kode HTML, CSS dan apa pun itu yang mengatur model tampilan pada sebuah blog, meskipun jika saya mendefinisikan nya seperti itu, mungkin akan ada berjuta orang yang menyalahkannya.

Template mungkin merupakan hal pertama yang dilihat/diperhatikan ketika kita membuka sebuah blog milik orang lain, begitu pun juga ketika orang lain membuka blog kita, oleh karena itu kita harus berusaha supaya orang lain berfikir "wah template nya keren, berbeda dari yang lain, unik dan tidak memakai elemen yang tidak perlu" dan sialnya sayalah yang menjadi korban. Ya, begitulah kata saya dalam hati ketika membuka blog nya Mas Semar Bingung, yaitu blog eltelu.blogspot.com. Bagaimana tidak, karena blog yang bertajuk ELTELU itu tidak memakai template "pasaran" yang umum dipakai orang, tetapi mas Semar Bingung mendesain template nya sendiri dengan menyulap template standar bawaan Blogger menjadi sebuah "Maha Karya".

Saya adalah satu dari sekian banyak saksi yang melihat dan merasakan betapa hebatnya mas Semar Bingung ini. Oh ya, perlu diketahui saya menulis artikel ini tidak lah menerima sepeser pun atau karena saya mendapat ancaman atau semacamnya, saya menulis artikel ini semata-mata untuk 'berterima kasih', karena hanya inilah yang mungkin bisa saya perbuat. Bagaimana tidak, mas Semar Bingung tidaklah seperti desainer template pada umumnya yang 'memang' membagikan template berkualitas secara cuma cuma, tetapi tahukah anda jika seperti itu terus kita tidak akan pernah melangkah maju kita akan 'bodoh'. Jika di ibarat kan mas Semar Bingung ini memberikan kita sebuah 'pensil' untuk menulis bukan memberikan scanner ataupun mesin photo copy yang memang lebih canggih yang akan membuat kita malas untuk mencatat/menulis.

Saya memang tidak melihat dari awal evolusi blog ELTELU, tetapi anda bisa melihat nya dari postingan tutorial yang sudah lama yang menyertakan screen shot dari blog ELTELU, anda bisa melihat betapa 'biasa' nya template bawaan Blogger yang mas Semar Bingung kelola lalu anda juga bisa melihat betapa 'amazing' nya tampilan blog Eltelu pada saat ini.  Salah satu dari sekian banyak kelebihan yang tidak akan anda temukan di blog lain adalah cara mendesain tampilan ELTELU versi mobile/selular.

Jika anda tidak percaya, menu yang berada di atas header atau pengganti navbar di Blognya Bang Santri adalah hasil dari tutorial ini, lalu menu pengganti navbar pada tampilan seluler BlognyaBangSantri adalah buah hasil dari tutorial ini, belum lagi desain daftar artikel dan masih banyak lagi yang sejujur nya saya malas menulis nya, karena memang begitu banyak hasil dari tutorial nya mas Semar Bingung. Sebenarnya mas Semar Bingung juga telah membagi kan template karya nya yang pertama, tetapi jujur saya kurang menyukainya entah kenapa mungkin warnanya yang terlalu colorfull atau berwarna warni atau apalah itu yang jelas saya lebih memilih mendesain template saya sendiri dengan mengikuti tutorial yang telah susah payah mas Semar Bingung buat, dan saya puas.

Awalnya blog saya yang bertajuk BlognyaBangSantri ini adalah berjudul Pesantren Online dengan alamat psantrenonline.blogspot.com pada tahun 2013, pada saat itulah saya menemukan blog ELTELU, pada saat itu juga mas Semar Bingung membagikan template pertama nya, yaitu Eltelu v1.0 yang pada saat itu saya sempatkan untuk mencobanya. Pada Desember 2013 entah kenapa entah bagaimana saya jadi males ngBlog bla bla bla, sampailah pada saat ini, dua tahun sudah berlalu entah kenapa entah bagaimana lagi saya terobsesi Ngeblog lagi dan saya memutuskan untuk memperbaiki blog PesantrenOnline, dan ternyata keadaan nya sungguh mengharukan yang memang seperti yang sudah saya bayang kan bla bla bla, dan saya teringat apakah mas Semar Bingung sudah membagikan template versi selanjutnya apa belum, di dalam kepala sebenarnya sudah terbayang bayang memakai template yang jika kata Franky OnePiece : SUUUPER keren, dan saya pun tidak menemukannya, alhasil saya bertanya apakah sudah ada update template Eltelu v2 dan kata mas Semar Bingung yang masih 'setia' menjawab pertanyaan pengunjung nya meskipun hari ini sudah tahun 2015, dan jawaban yang saya dapatkan saya lupa :D, mungkin seperti ini: sebenarnya template Eltelu sudah sampai versi 6 tetapi hanya untuk penggunaan pribadi saja, demikian lah jawabannya dan saya yakin anda mengerti perasaan saya waktu itu heuheu, malah curhat lagi :D.

Dan dapat disimpulkan dari curhatan saya diatas bahwasanya mas Semar Bingung tidak membagikan lanjutan dari template Eltelu v1 meskipun saya sudah menanti selama dua tahun lamanya hadeeh haha.. Tapi intinya mungkin mas Semar Bingung ingin kita mempelajari sendiri teknik mendesain template, terbukti dengan banyaknya postingan tentang  'Step By Step Cara Membuat Template Blog Sendiri' dan juga ketika saya bertanya mas Semar Bingung selalu mengingatkan untuk belajar HTML dan CSS terlebih dahulu. Mungkin mendesain template sendiri bukanlah hal yang mudah, tetapi tahukah anda jika hasil dari tangan kita sendiri, hasil dari keringat kita sendiri akan lebih lebih memuaskan daripada hasil karya orang, meskipun sebelumnya anda akan merasa malas, bingung ataupun frustrasi sampai akhirnya anda akan merasa puas.

Hmm.. Sebenarnya sekian banyak kata yang saya tulis diatas mungkin terkesan GaJe, meskipun memang iya. Dan intinya adalah: silahkan kunjungi mas Semar Bingung untuk belajar mendesain blog sendiri di blognya yaitu eltelu.blogspot.com insya allah mas Semar akan dengan senang hati membantu anda, jika sudah tiba di blog ELTELU lalu klik pada menu Blogging atau mungkin Tutorial, karena saya juga kaget setelah dua tahun, mas Semar Bingung tidak hanya membahas mengenai Blog tetapi ada juga tanaman, hewan, bahkan tentang kehidupan, atau apalah itu karena saya juga kurang memahami nya, yang jelas bukanlah artikel 'pasaran', oh ya dan jika anda mencari tutorial blogging seperti menghapus header, membuat daftar isi atau mengenai widget atau apaun itu, maka anda tidak akan menemukannya di Eltelu karena artikel yang membahas begituan sudah banyak berserakan di pencarian Google atau dalam bahasa saya 'pasaran'. Sekian dan Terima kasih!

Postingan terkait:

12 Tanggapan untuk "Tips Desain Template Blog Sendiri Ala Blognya Bang Santri"

  1. Desain template memang cukup kompleks, hal itu perlu ketelitian dan kesabaran yang tinggi. Tak jarang bisa lemah semangat ketika kegagalan terjadi padahal tantangannya ya konsisten dan bisa menjadikan template sesuai dengan karakter kita.

    Makasih udah mengingatkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mas jika postingan ini setidaknya dapat sedikit membantu hehe, terima kasih sudah berkunjung mas!

      Hapus
  2. Setelah membaca uraian tersebut, jujur saja saya bingung mesti berkata apa Sob. Tapi menurut saya, dalam hal apapun, mau-tidak mau, pada dasarnya manusia haruslah mau untuk belajar Sob. Sebab hal sekecil apapun (yang belum bisa) apabila tidak dipelajari maka selamanya juga tidak akan bisa. Disamping itu belajar pada hakikatnya kan juga merupakan suatu kewajiban. Sehingga tidak salah rasanya bila ada yang berkata, "belajarlah sepanjang hayat".

    Oh ya, tidak lupa saya sampaikan terimakasih atas ulasan yang Sobat tulis dalam artikel tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupz setuju mas, sebenarnya itu hanya curahan hati saya saja, jangan dimasukkan ke hati haha.. Btw sama sama mas!!

      Hapus
  3. mas saya malah jadi bingung mas.
    tapi bner mas hasil sendiri akan lenih memuaskan, meski saya pek buatan orang. :D ngomong2 cara bikin teplete coba saya tengok blognya ah. siapa tau dapat sesuatu

    BalasHapus
    Balasan
    1. goodluck mas, sebenarnya saya juga bingung dengan postingan saya sendiri hahaha

      Hapus
  4. sebenarnya posingan ini bagus, mengajarkan kita juga untuk tidak mengalah begitu saja pada si "bosan", tapi izin koreksi ya, menurut saya isi postingannya terlalu kebanyakan curhatnya he,, efeknya seperti agak menyimpang dari judul, padahal judul itu mengungkapan isi keseluruhan yang mencakup semua tujuan penjelasan dibawah, tapi penjelasanya bagus kok ada baiknya juga menceritakan pengalaman yang positif :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha saya juga setuju sebenarnya itu bukan postingan tapi curhatan, makanya pada judul saya tambahkan kata "ala blognya bang santri" btw makasih ya udah mau komen..

      Hapus
  5. mantab gan ane juga mau buat template sendiri ntar hehe

    BalasHapus
  6. bang santri keren blog nya :D

    salam kenal Kang ti Urang Sunda :D

    BalasHapus
  7. Ngeblog itu tidak gampang sebelum memutuskan menjadi Blogger harus tata niat dengan baik hehe,,, teman saya banyak yang tumbang karena niatnya yang salah, hanya karena adsense dia mau ngeBlog,,

    Jika mau belajar banyak tentang Blogging bisa kunjungi web saya ya :D

    BalasHapus

Terimakasih untuk tidak berkomentar SARA dan tidak mengucapkan kata-kata kasar.