Tips Kisah Pengalaman dan Godaan Terbesar Bagi Seorang Blogger Pemula

Santri

Tips Pengalaman Blogging Pemula - Sebenarnya saya adalah seorang dari clan uchiha tetapi dikarenakan alasan tertentu saya bergabung dengan kru bajak laut Doflamingo Family, dan perlu anda ketahui sejujurnya saya adalah seorang jomblo, dan dengan tujuan untuk mencari harta karun yang bernama 'One Love'.


Sudahlah, mungkin itu efek samping dari kebanyakan nonton anime dan juga tidak lepas dari #RadityaDikaEffect. Sejujurnya saya menulis artikel ini dengan tujuan untuk mengisi halaman about dan saya bingung untuk mengisi halaman tersebut dengan apa, tetapi daripada bingung saya akan mengisinya dengan curhatan saja :D haha emang nya buku harian, yaudah saya sarankan untuk mencari artikel lain saja yang lebih bermanfaat di daftar isi, daripada melanjutkan membaca artikel yang tadinya adalah halaman about yang gak jelas ini.

Tetapi jika anda penasaran akan pengalaman blogging saya, mari lanjutkan! Barangkali mungkin ada hikmah dan manfaat yang dapat diambil, dan setelah saya pikir kembali mungkin ada baiknya jika saya bagikan pengalaman saya ini kepada publik dengan label motivasi (meskipun tidak memotivasi :v).

KISAH SAYA

Pertama kali saya membuat sebuah blog yaitu pada saat masih kelas 2 SMP mungkin sekitar tahun 2011, entah apa judul blog nya waktu itu, niche nya juga kaga jelas, yang saya ingat saya hanya posting kata kata mutiara yang memang sudah umum dilakukan oleh manusia yang belum mengenal apa itu blog, jadi mereka mengiranya blog adalah media sosial :v dan postingan adalah "update status" :D dan juga tidak terlewatkan waktu itu saya mengubah tampilannya hingga yang menurut saya waktu itu "keren", tamat. Ya, sudah sampai disana saya tinggalin blog saya dan daya acuhkan dia, karena mungkin saya termasuk golongan "blogger iseng" yang tidak sengaja membuat sebuah blog.

Setelah keluar SMP saya memutuskan untuk tidak meneruskan sekolah, saya memutuskan untuk mengaji di pesantren, dan kala itu saya teringat kembali untuk membuat sebuah blog, tentu saja dikarenakan saya mengaji di pesantren jadi saya memutuskan niche blog saya religi dengan judul Pesantren Online yang alamatnya kalau tidak salah adalah psantrenonline.blogspot.com, dan setidaknya kali ini saya lebih paham dalam mendesain tampilan template blog saya agar lebih SEO FRIENDLY.

Tetapi waktu itu saya membuat blog tidaklah murni keinginan saya untuk berbagi ilmu, melainkan dikarenakan saya telah mengetahui bahwa "sebuah blog dapat menghasilkan uang", dan tahukah anda, bahwa setiap blogger dan bahkan orang yang bukan blogger sekalipun akan mendadak menjadi seorang blogger ketika mengetahuinya dan akan terjerumus kedalamnya, sungguh miris :D.

Iklan, adalah iblis yang menjadi godaan terbesar bagi seorang blogger. Raja dari iklan adalah Adsense, terbukti banyaknya blogger yang frustasi dikarenakan ditolak terus menerus oleh dia, bahkan hingga ada yang menempuh jalan "kegelapan" dengan membeli akun Adsense, meskipun pada akhirnya dia melanggar kebijakan Adsense dan lalu dia di putuskan oleh Adsense. Tidak sedikit blogger yang menja gila karenanya haha :D.

Tetapi itu bukanlah kisah saya, melainkan kisah kebanyakan blogger. Saya adalah seorang "pengecut" yang sama sekali tidak berani mengirim surat cinta kepada Adsense setelah mengetahui kisah itu, alasannya ya karena saya takut "ditolak" dan cinta saya tak terbalaskan. Karena saya sudah terlanjur tergoda "iklan" dan saya saya tidak berani mendaftar Adsense, jadi saya memutuskan memakai iklan PPC lokal yaitu iklanblogger.

Godaan itu membuat saya melupakan hal terpenting dari sebuah blog yaitu "konten", setelah semua itu munculah godaan lainnya yang bernama si "malas". Ya, waktu itu saya memang benar benar "pengecut", bagaimana tidak, saya menginginkan blog saya menghasilkan uang tetapi saya juga malas memperjuangkannya, hingga saya menempuh jalan "kegelapan" dengan memilih cara "haram" yaitu "copas" artikel milik orang lain. Meskipun mungkin karena memang saya belum "siap" untuk membagikan ilmu yang saya peroleh dari pesantren.

Tak terduga dengan artikel "copas" saya cukup "sukses" mendatang traffik pengunjung ke blog saya, tetapi ya karena memang saya memiliki tujuan yang "salah" dari awalnya, karena meskipun blog saya "cukup" ramai tetapi ketika saya melihat saldo pendapatan, sungguh sangat menyedihkan melihatnya :v. Hingga akhirnya saya benar-benar telah "terjerumus" dan "tergoda" oleh si "malas" saya pun meninggalkan blog saya begitu saja.

Setelah 2 tahun lebih saya menimba ilmu di pesantren lebih tepatnya pada tahun 2015 entah kenapa entah bagaimana saya teringat untuk kembali bergelut di dunia blogger dengan tujuan yang lebih baik tentunya, yaitu "belajar membagi ilmu" yang juga karena saya telah merasa "siap" untuk membagikan hasil dari menimba ilmu dari pesantren, meskipun saya masih dalam tahap pembelajaran. Saya pun kembali membenahi blog saya yang dahulu dan menggantinya dengan bangsantri.blogspot.com dan tentunya berbekal artikel yang original hasil dari susah payah dengan mengalahkan si "malas".

Hingga godaan "Adsense" pun kembali menghampiri, dan dengan iseng saya mencoba mengirimkan surat cinta, dan alhamdulillah dalam jangka waktu 3 hari akun saya sudah sepenuhnya disetujui meskipun hanya akun "hosted", tetapi saya tidak ingin ambil pusing dan kembali terjerumus yang kedua kalinya, saya pun beranggapan di dalam hati bahwa Google Adsense dan uang yang dihasilkan dari blog "hanyalah" sebuah "efek samping" dari ngeBlog. Dan saya juga berencana untuk kedepannya membuat blog baru dengan niche "belajar membaca arab gundul", semoga saja ilmu yang saya peroleh dari pesantren dapat bertambah berkah.

PENUTUP

setelah selesai membaca kisah blogging saya yang membosankan itu, semoga saja dapat diambil manfaat juga hikmahnya. Dan juga dapat disimpulkan bahwa ketika "hati anda goyah oleh godaan Adsense" maka ingatlah tujuan awal anda membuat blog, kecuali memang dari awal anda bermaksud "hanya" memonetisasi blog anda :v, maka lebih baik tidak ngeBlog sama sekali, karena masa depan blog anda "suram" haha :D.

Setelah semua itu tentu nya anda mengerti bahwa sedikitnya saya mempunyai sebuah "harapan" bahwa anda peduli dan bersedia menyumbangkan donasi, meskipun "hanya" berupa klik iklan Adsense haha. Jika tidak ingin ketinggalan artikel islami, "subscribe" aja via email, GRATIS! Dan juga jangan lupa untuk klik tombol share artikel ini ke teman anda jika memang bermanfaat, wassalamu'alaikum.

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Tips Kisah Pengalaman dan Godaan Terbesar Bagi Seorang Blogger Pemula"

  1. y memang banyak hal yang menggoda seorang blogger....

    BalasHapus
  2. Blogger sekaligus anak pesantren , mantepp, lanjut terus mas . Never Give Up
    #KunjunganPartner

    BalasHapus
  3. hahaha, saya jadi kaya diceramahi nih, mantap sob
    #kunjunganpatner

    BalasHapus

Terimakasih untuk tidak berkomentar SARA dan tidak mengucapkan kata-kata kasar.