Niat Puasa, Doa Berbuka, dan keuntungan i'tikaf

Selamat siang kawan, lama tidak update nih kebingungan nyari topik. Kebetulan hari ini bulan ramadan jadi saya bahas mengenai ramadan saja, kali ini kita akan membahas Niat Berpuasa dan Doa Buka Puasa

Jujur saja kawan saya ini salah satu korban lupa niat pada malam hari, hehe. puasa harus dilanjutin kodo juga wajib, tapi tak apalah namanya juga hukum dan ini pun karena kesalahan sendiri, tapi kalo puasa sunat niat di pagi/siang no problem. mulanya pada hari itu saya malas shalat tarawih dan di psantren saya biasanya setelah shalat tarawih suka niat puasa secara bersamaan. nah, karena saya tidak terawih otomatis saya juga lupa niat pada waktu sahur, hehe

makannya teman manfaatkan bulan suci ramadhan ini dengan sebaik-baiknya cuma setahun sekali loh, amal ibadah kita dilipat gandakan, bayangkan jika kebetulan kita beribadah pada saat malam Lailatul Qodar, Amalnya sama dengan ibadah/bahkan lebih baik daripada ibadah selama 1.000 bulan .


Sebenarnya Lailatur Qodar ini mungkin saja muncul di malam mana saja, tetapi lebih mungkin di separuh bulan ramadhan yang akhir dan lebih mungkin lagi di 10hari terakhir di bulan ramadhan dan lebih-lebih mungkin lagi di tanggal ganjil seperti 21, 23, 25, dst.

Maka itulah kawan, coba manfaatkan hari-hari ganjil terakhir itu (di kampung saya disebut selikur) dengan beribada di masjid contohnya tadarus, atau jika anda malas diam saja juga jadi ibadah, asal anda niat Itikap di masjid asal jangan terdidur, membicarakan masalah dunia apalagi malah Facebookan di masjid ( Tahukah kamu, kata guru saya yang membicarakan masalah dunia di dalam masjid keimanannya di ambil 1/3), dengan Itikap cukup diam saja di masjid jadi ibadah apalagi di bulan ramadhan ini amalnya dilipat gandakan apalagi jika kebetulan pada malam Lailatur Qodar.

Jika anda berminat beritikap di masjid Niatnya : Nawaitul I'tikapa Pil Masjid
tetapi daripada bengong mending tadatusankan?, baiklah saya minta maaf banyak bulak belok, hehe. tetapi semoga saja bermanfaat.

Berikut Niat Puasa ramadhan, jangan sampai lupa niat seperti saya ya kedudukannya 3-0 loh, puasa batal, harus di kodo di bulan berikutnya, tetap sama harus nahan lapar.


Arab:

نـَوَيْتُ صَوْمَ غـَدٍ عَـنْ ا َدَاءِ فـَرْضِ شـَهْرِ رَمـَضَانَ هـَذِهِ السَّـنـَةِ لِلـّهِ تـَعَالىَ

Lafadz:
Nawaitu saumagadin an'adai fardi syahri ramadhana hadzihissanati lillahita'ala.

Artinya:
"Niat Saya berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa pada bulan Ramadhan bagi tahun ini karena Allah Taala"

Berikut Doa Buka Puasa

Bahasa Arab

اللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْت بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ
Lafadz:

Allahumma laka sumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa Ar-hamarrohimiin.
Artinya:

"Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih"

Demikian kawan Artikel yang singkat ini, semoga bermanfaat!
Wassalamu'alaikum
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Mohon Ma'af Lahir dan Batin

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Niat Puasa, Doa Berbuka, dan keuntungan i'tikaf"

Posting Komentar

Terimakasih untuk tidak berkomentar SARA dan tidak mengucapkan kata-kata kasar.